Minggu, 08 September 2013

Kandang Itik

Ada beberapa bagian yang bisa Pak HaBe share ke sobat sekalian yang membahas khusus tentang kandang itik, mulai dari pemilihan lokasi kandang itik(sudah dibahas dipostingan sebelumnya), bahan membuat kandang itik, jenis-jenis kandang itik, dan yang terakhir adalah pengelolaan kandang itik.

Kandang Itik


A. BAHAN MEMBUAT KANDANG
Bahan kandang itik bervariasi dari yang murah sampai yang mahal. Secara umum, bambu merupakan bahan yang paling banyak digunakan untuk kandang itik. Apabila menggunakan bambu, hendaknya dipilih yang benar-benar sudah tua, sehingga daya tahannya dapat lebih lama. Bambu dapat digunakan untuk membuat rangka bangunan, dinding lantai, dan pagar.

Seperti terlihat pada bahan bambu mendominasi pembuatan sebuah kandang itik. Selain bambu, bahan kandang dapat juga menggunakan kayu bekas, yang harganya murah serta bahan cor beton untuk rangka bangunan memperoleh keuntungan yang setinggi-tingginya, dan kalau bisa dengan pengeluaran serendahnya.
Sebagai contoh, untuk membuat kandang itik menggunakan rangka bambu seadanya dengan atap rumbai, mungkin menghabiskan biaya sekitar 3 juta rupiah, sedangkan jika menggunakan rangka kayu dengan atap genting menghabiskan biaya sekitar 10 juta rupiah.

Tetapi kandang dengan atap rumbai hanya bisa tahan untuk 2 tahun sobat sedangkan kandang dengan atap genting tahan untuk 18-20 tahun kedepan. Bila dihitung dengan nilai penyusutannya, justru kandang dengan atap rumbai yang lebih besar.

Dari gambaran tersebut, untuk peternak dengan modal terbatas. tentunya memiiih alternatif pertama, yaitu membangun kandang dengan atap rumbai, sedangkan peternak yang mempunyai cukup modal akan memilih alternatif kedua, yaitu membangun kandang dengan atap genting. Pada beberapa daerah, peternak mempunyai alternatif lain untuk memperoleh bahan atap kandang yang murah tetapi cukup tahan lama.

Sebagai contoh beberapa peternak di Brebes menggunakan bahan semacam fiber atau plastik tebal bekas untuk atap kandang. Dengan pengalaman ini, maka peternak dapat mencari alternatif bahan kandang yang tersedia di daerah masing-masing dengan prinsip harganya relatif murah dan memenuhi fungsinya sebagai bahan kandang.

B. JENIS KANDANG ITIK
Ada beberapa jenis kandang itik yang perlu sobat tau sebelum memulai usaha ternak itik. Dan masing-masing mempunyai fungsi berbeda, diantaranya yaitu:
  1. Kandang Boks = Digunakan untuk memelihara itik yang baru menetas sampai umur 2-4 minggu.
  2. Kandang Postal = Kandang yang umumnya digunakan untuk memelihara itik selepas dari kandang boks, yaitu sekitar umur 4 minggu sampai menjelang bertelur.
  3. Kandang Batere = Kandang berbentuk sangkar yang digunakan untuk memelihara itik 1 atau 2 ekor tiap kotak sangkar. Pemeliharaan itik pada kandang batere ini mempunyai keunggulan yaitu itik lebih bersing karena kotoran dapat langsung jatuh ke bawah kandang, dan itik tidak banyak bergerak, sehingga lebih efisien dalam penggunaan energi pakan.
  4. Kandang Ren = Kandang itik yang dilengkapi dengan tempat umbaran. Jadi lebih terlindungi untuk telur dan induknya.

C. MENGELOLA KANDANG ITIK
Kandang yang kering, bersih dan segar, menjadi syarat yang mutlak apabila itik dikehendaki mampu berproduksi dengan baik. Jika kandang itik becek dan lembab, dapat dipastikan itik tidak dapat bertelur dengan baik. Hal ini akan terlihat pada saat musim hujan datang, produksi telur itik akan menurun dengan drastis dari sebelumnya. Selain kontruksi kandang, usaha yang bisa dilakukan untuk menjaga kekeringan dan kebersihan kandang adalah dengan memberi alas dengan bahan yang kering dan mudah menyerap air, antara lain dengan menggunakan jerami padi atau jerami jagung yang telah kering. Alas kandang tersebut, apabila sudah kelihatan basah, harus segera diganti.

Secara berkala, kandang juga harus diperiksa, setiap ada kerusakan harus segera diperbaiki, supaya tidak sampai mengganggu produksi itik. Kerusakan yang harus segera ditangani adalah apabila atapnya bocor, terutama pada saat musim hujan. Hal ini berkaitan dengan penjelasan di atas, bahwa itik tidak dapat berproduksi dengan baik jika kandang tempat istirahat itik becek dan lembab.

Jadi dapat ambil kesimpulan bahwa kunci keberhasilan peternakan itik dari segi perkandangan adalah dapat menyediakan kandang dalam kondisi kering, bersih, tidak lembab dan mempunyai sirkulasi udara yang baik. Mengenai bahan dan konstruksinya sangat fleksibel, namun diusahakan yang harganya murah tetapi kuat dan tahan lama.

Dan itulah sobat sedikit pembahasan Pak HaBe tentang bahan membuat kandang itik, jenis-jenis kandang itik, dan pengelolaan kandang itik.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting