Sabtu, 28 Desember 2013

Rahasia Cara Ternak Jangkrik Agar Sukses

Jangkrik merupakan salah satu serangga yang menarik untuk diperhatikan dan memiliki berbagai manfaat bagi manusia. Jangkrik terdapat hampir di seluruh wilayah Indonesia dan menjadi salah satu kekayaan hayati Indonesia. Berbagai jenis jangkrik telah diteliti oleh para pakar serangga yaitu diperkirakan terdapat kurang lebih 100 spesies jangkrik yang ada di Indonesia.

Jangkrik yang umum ditemui di Indonesia adalah jangkrik jeliteng, jerabang, bering, gangsir, dan jangkrik upa. Jangkrik telah lama dikenal sebagai serangga penghasil bunyi yang oleh sebagian orang digunakan untuk mengusir tikus. Zaman dahulu jangkrik ba-nyak sekali ditemukan di tempat-tempat sampah dan pada bongkah-an-bongkahan tanah, tetapi saat ini jangkrik telah sulit ditemukan di alam karena banyak diambil untuk berbagai kepentingan, baik untuk pakan binatang piaraan seperti burung berkicau, ikan hias, dan lobster maupun untuk komoditas ekspor.

Ternak Jangkrik
Picture by google
Kurangnya ketersediaan jangkrik di alam untuk kebutuhan manu­sia telah mendorong dilakukannya ternak jangkrik. Usaha beternak jangkrik harus direncanakan secara matang baik dari segi teknis maupun segi ekonomisnya. Segi teknis meliputi penyusunan jadwal kegiatan, pembuatan sarana produksi, dan penentuan lokasi, sedangkan segi ekonomis meliputi penyiapan anggaran dan survei pasar. Semua itu sudah Pak HaBe bagi-bagi artikelnya ke dalam beberapa postingan agar sobat sekalian gak pada bingung. Berikut adalah artikel-artikel terpilih yang bisa sobat baca:

  1. Sejarah dan Morfologi Jangkrik
  2. Manfaat dan Potensi Ternak Jangkrik
  3. Jenis-Jenis Jangkrik
  4. Perilaku dan Siklus hidup Jangkrik
  5. Lokasi dan Pembuatan Kandang Untuk Ternak Jangkrik
  6. Pemilihan dan Perawatan Jangkrik
  7. Pakan Alami dan Buatan untuk Ternak Jangkrik
  8. Peneluran dan Penetasan Jangkrik
  9. Pemanenan Ternak Jangkrik
  10. Proses Pemasaran dan Analisa Ekonomi Ternak Jangkrik


Usaha beternak jangkrik yang semula dilakukan hanya secara coba-coba, akhirnya melalui berbagai percobaan dan penelitian dapat ditemukan metode beternak yang mudah, praktis, dan dapat menghasilkan. Pada dasarnya beternak jangkrik tidak sulit untuk dilakukan dan bibitnya mudah diperoleh, baik dari alam maupun dari para peternak yang telah berhasil. Peternak yang sukses biasanya juga telah mempunyai persediaan telur baik untuk diternakkan lagi maupun un­tuk dijual.

Meskipun peternak jangkrik di Indonesia sudah banyak yang sukses namun kebutuhan jangkrik masih belum tercukupi dengan baik dan masih perlu ditingkatkan lagi terutama untuk menghasilkan produk yang lebih banyak lagi. Hal tersebut memberikan peluang bagi siapapun untuk menjadi peternak jangkrik baru yang sukses

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting