Kamis, 26 Desember 2013

Pemanenan Ternak Jangkrik

Panen jangkrik dapat dilakukan pada tiga waktu yang berbeda, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

  • Panen pertama dapat dilakukan pada saat telur, yaitu produksi telur untuk dijual pada peternak lain. Panen jangkrik pada saat telur sangat menguntungkan dari segi waktu dan biaya karena tidak harus menunggu lama dan tanpa proses pemeliharaan jangkrik pradewasa.
  • Panen kedua ketika jangkrik masa pradewasa (jangkrik muda atau tefendho), yaitu umur 40-50 hari. Panen jangkrik pada masa pradewasa lebih menguntungkan dari segi waktu. Panen ketiga ketika jangkrik masa dewasa, yaitu umur 50-60 hari.
  • Panen jangkrik pada masa dewasa lebih menguntungkan dari segi harga, tetapi butuh waktu yang relatif lebih lama.

PANEN TELUR
Setiap dua hari sekali selama masa peneluran perlu dilakukan pemanenan telur. Panen telur dilakukan dengan cara mengambil pasir yang telah ada telurnya disaring sedikit demi sedikit sambii disiram air dengan harapan pasir akan jatuh menerobos saringan bersamaan dengan air sementara telur jangkrik akan tersangkut di atas saringan.

Telur yang tersaring
Telur yang tersaring

Telur-telur yang tersangkut pada saringan segera ditumpahkan di atas kain putih yang basah, apabila ada telur yang masih lengket pada saringan dapat diambil menggunakan kuas kecil.

Telur yang tersaring diletakkan di atas kain putih
Telur yang tersaring diletakkan di atas kain putih

Telur yang baik adalah telur yang berwarna kuning mengkilat dan terlihat segar serta tidak berbau dan berjamur.

Telur jangkrik yang sehat
Telur jangkrik yang sehat

Setiap satu sendok teh telur dibungkus dengan kain pu­tih basah. Kain yang digunakan sebagai bungkus harus mampu menyerap air untuk menjaga kelembapan.

Telur jangkrik dibungkus kain putih basah
Telur jangkrik dibungkus kain putih basah

Panen setiap dua hari perlu dilakukan secara rutin sampai semua jangkrik betina dewasa mati. Hasil panen telur jangkrik dapat langsung dijual atau ditetaskan lagi untuk digunakan sebagai bibit beternak jangkrik selanjutnya.

PANEN JANGKRIK MUDA DAN DEWASA
Cara panen jangkrik muda dan atau dewasa pada prinsipnya adalah sama, yaitu mengambil secara langsung jangkrik di daiam kandang pemeliharaan yang telah dikelompokkan berdasarkan ukuran besar tubuhnya.

Jangkrik muda siap dipanen
Jangkrik muda siap dipanen

Jangkrik-jangkrik tersebut dimasukkan ke dalam karung yang telah dilengkapi dengan seresah atau kertas bekas tempat telur ayam. Saat memegang jangkrik untuk dimasukkan ke dalam karung perlu juga dihitung jumlahnya agar menghemat waktu dan praktis. Jangkrik-jangkrik yang telah dimasukkan ke dalam karung siap dibawa ke pasar untuk dijual

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting