Jumat, 27 Desember 2013

Proses Pemasaran dan Analisa Ekonomi Ternak Jangkrik

Secara garis besar proses beternak jangkrik dapat digambarkan seperti bagan berikut:

Bagan beternak jangkrik
Bagan beternak jangkrik

Pasar adalah pasar tradisional seperti pasar burung atau pasar nasional, yaitu pabrik kosmetik atau balai penelitian yang melakukan uji dengan menggunakan serangga atau pasar internasional yang pengiklanannya dapat melalui media internet. Pada bagan di atas terlihat bahwa setidaknya ada tiga komponen yang dapat dijual dari beternak jangkrik, yaitu telur, jangkrik muda (telendho), dan jangkrik dewasa (induk)

ANALISA EKONOMI
Kebutuhan jangkrik yang paling banyak di antara tiga komponen yang dapat dijual dari ternak jangkrik adalah menjual jangkrik muda (telendho), sedangkan untuk telur dan jangkrik dewasa sebagai induk kebutuhannya tidak terlalu banyak tetapi harga jualnya lebih tinggi. Di bawah ini adalah contoh analisis ekonomi beternak jangkrik untuk panen jangknk muda (telendho) dari 25 kandang pemeliharaan
MODAL

Analisa modal beternak jangkrik
Analisa modal beternak jangkrik
HASIL PRODUKSI
Hasii produksi dari satu kandang adalah:
1 x 2000 ekor @ Rp 50,00 = Rp 100.000,00

Jadi hasil produksi selama 50 hari pertama dari 25 kali panen adalah:
25 x Rp 100.000,00 = Rp 2.500.000,00

PENDAPATAN
Pendapatan peternak jangkrik selama 50 hari adalah:
Rp 2.500.000,00 - Rp 689.000,00 = Rp 1.811.000,00

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting