Jumat, 06 September 2013

Cara Usaha Budidaya Ikan Lele

Sebelum menginjak tentang pembahasan Cara Usaha Budidaya Ikan Lele atau bisa juga disebut Berternak Ikan Lele, kita speak-speak sedikit sambil minum kopi ya sobat, hehe. Siapa nih diantara kalian yang gak ngerti sama hewan lucu nan imut bernama Ikan Lele ini?? Ikan Lele adalah kelompok ikan air tawar yang di zaman sekarang sedang populer serta menjadi bahan gossip loh sobat. Kok bisa?? Coba sobat pergi ke warteg terus pesen nasi pecek lele di sana, gimana rasanya?? gurih bukan?? Ternyata selain rasanya gurih, kandungan gizi yang ada pada ikan lele sangatlah tinggi. Hal ini yang membuat permintaan di pasaran untuk ikan lele terus meningkat dan gak ada sepinya.

Cara Usaha Budidaya Ikan Lele

Kalau dibandingkan dengan Ikan laut, ternyata masyarakat banyak yang merasakan kekhawatiran, kekhawatiran atas penggunaan bahan pengawet yang akhir-akhir ini lagi marak seperti borak atau formalin. Hal ini juga yang membuat masyarakat lebih beralih dan berpindah untuk mengonsumsi ikan air tawar yang masih hidup, segar, dan pastinya murah untuk kantong masyarakat pada umumnya, apalagi kalau gak ikan berkumis tipisi bernama LELE. Ini yang mengakibatkan berimbasnya pada harga ikan lele di pasaran yang terus, terus dan terus membaik. Kalau begitu kabar baik donk buat pembudidaya ikan lele?? Jelas donkkk :D. Berarti kalau keadaannya bagus seperti yang Pak HaBe jelaskan di atas pastinya banyak yang melirik donk untuk membudidayakan ikan lele?? Berarti banyak saingan?? Bener banget apa yang dipikirin sobat, tapi sobat jangan berputus asa dulu.

Tidak semua orang bisa take action untuk membudidayakan ikan lele. Faktor penyebabnya macam-macam, dan faktor yang paling umum seseorang untuk mewurungkan niatnya adalah keterbatasan lahan dan kurangnya modal yang dimiliki. Dan ini lah yang mendasari Pak HaBe untuk menulis postingan untuk membahas semua tentang budidaya ikan lele agar sobat mewurungkan seperti kebanyakan orang. Pak HaBe akan bagikan sedikit rahasia yang mungkin kebanyakan orang masih belum tau, khususnya  bagi orang-orang yang Pak HaBe sebutkan di atas (yang mewurungkan niatnya untuk berbudidaya ikan lele) hanya karena faktor lahan dan modal.

Untuk mengatasi solusi-solusi di atas, dan juga dapat digunakan sebagai alternatif atau trik jitu sobat dalam membudidayakan ikan lele, Pak HaBe akan membaginya dalam beberapa postingan agar lebih maksimal pembahasannya. Berikut sub bab yang akan di bahas satu persatu tentang cara usaha budidaya ikan lele :

  1. Pengenalan Budidaya Lele Di Tempat Sempit
  2. Upaya Pembenihan Ikan Lele
  3. Manfaat Ikan Lele
  4. Pemasaran dan Potensi Pasar Budidaya Ikan Lele
  5. Jenis Ikan Lele Yang Cocok Untuk Dibudidayakan
  6. Cara Memilih Lokasi Tempat Budidaya Ikan Lele
  7. Cara Membuat Kolam Terpal Untuk Budidaya Ikan Lele (1)
  8. Cara Membuat Kolam Terpal Untuk Budidaya Ikan Lele (2)
  9. Cara Membuat Kolam Terpal Untuk Budidaya Ikan Lele (3)
  10. Cara Memilih Induk Ikan Lele Yang Unggul
  11. Cara Menentukan Jenis Kelamin Jantan dan Betina Pada Ikan Lele
  12. Proses Cara Mengawinkan Indukan Ikan Lele
  13. Cara Menetaskan Telur Ikan Lele Hasil Pemijahan
  14. Pakan Alternatif Ikan Lele
  15. Posting selanjutnya menyusul.. sabar ya ^_^
    Dengan modal sedikit dan pemanfaatan lahan sempit untuk budidaya ikan lele, sobat bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Itulah informasi yang akan sobat dapatkan dari postingan-postingan di atas. Baca semua sobat, jangan sampai ada yang ketinggalan, semua informasinya penting loh ;). Kalau sudah ngerti dan paham apa yang sobat ingin kerjakan sesuai informasi yang Pak HaBe bagikan, segera take action, jangan nunggu ntar-ntar, malah gak jadi nanti lohh. Sekian dulu untuk postingan awal cara usaha budidaya ikan lele kali ini. Dilanjut di pertemuan mendatang ya sobat, see you :)

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

     
    Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting