Minggu, 01 September 2013

Cara Memilih Induk Ikan Lele Yang Unggul

Tempat untuk budidaya ikan lelenya sudah jadi belum sobat? Kalau belum ayo buat dulu (bisa baca artikel Pak HaBe sebelumnya tentang cara membuat kolam budidaya ikan lele). Kalau sudah silahkan ke tahap selanjutnya yaitu cara memilih induk ikan lele yang unggul. Faktor utama dalam budidaya ikan lele selain tempatnya, sobat juga harus perhatikan benar dalam pemilihan indukan untuk mendapatkan benih-benih atau bibit yang unggul. Perlu diperhatikan !! Uang, waktu, pikiran, dan tenaga yang sobat keluarkan untuk budidaya ikan lele ini akan sia-sia jika sobat SALAH dalam memilih indukan atau benih atau bibit ikan lele. Hasilnya kedepan pasti kurang maksimal atau tidak sesuai dengan keinginan sobat. Dengan indukan yang unggul sobat pasti akan mendapatkan produksi telur ikan lele yang rendah serta untuk tingkat pertumbuhan bibit yang dihasilkan tidak akan optimal.

Cara Memilih Induk atau Bibit Ikan Lele Yang Unggul


Sebagai referensi, indukan yang unggul dapat sobat beli pada pembudidaya ikan lele disekitar daerah sobat yang khusus menyediakan indukan, atau untuk mempermudah sobat bisa searching di mbah google. Perlu diperhatikan kembali !! Untuk pemilihan, induk ikan lele yang unggul harus berasal dari induk ikan lele yang unggul pula sobat. Nah, sekarang pertanyaannya bagaimana sih cara memperoleh induk atau bibit ikan lele yang unggul?

Indukan ikan lele yang unggul adalah indukan yang sudah matang kelamin atau siap pijah. Maksudnya siap pijah bagaimana sih Pak? Nih Pak HaBe kasih tau karakteristik atau ciri-cirinya:
  • BB(berat badan) si ikan lele berkisar antar 700 – 1.000 gram
  • Warna indukan ikan lele cerah serta mengkilap
  • Kalau diperhatikan gerakannya seperti anak kecil yang baru bisa berdiri. LINCAH atau GAK MAU DIEM
  • Untuk umurnya berkisar 7 bulan sampai 1 tahunan
  • Ciri-ciri fisiknya gemuk, badan tidak bengkok, dan yang pasti tidak ada cacat
  • Sudah siap untuk di kawinkan (matang kelamin)
  • Khusus untuk indukan cewek atau betina, perutnya jika disentuh terasa halus dan lembut.

Itulah sedikit info tentang cara memilih induk ikan lele yang unggul. Dalam prakteknya nanti mungkin bagi sobat yang baru berenang dan berkecimpung di dunia budidaya ikan lele ini akan mengalami sedikit kebingungan. Pak HaBe sarankan sobat sering-sering tukar pikiran kepada yang lebih ahli dibidang ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting