Rabu, 07 Agustus 2013

Upaya Pembenihan Ikan Lele


Upaya pembenihan adalah proses budidaya dalam menghasilkan bibit lele yang siap dikembangbiakkan dan ditebar sobat. Untuk model kegiatannya bisa dikatakan gampang-gampang rumit, hehe. Yang jelas yang dilakukan proses awal adalah pemijahan induk lele, proses menetaskan telur, terakhir pemeliharaan sampai bibit ikan lele siap untuk ditebar dan untuk pembesaran.

Upaya Pembenihan Ikan Lele

Bibit atau benih ikan lele yang siap ditebar biasanya berbentung gelondongan, berkisar antara umur 27 hari sampai dengan 50 hari, dan kemudian dipelihara dengan pembesaran sampai siap untuk dikonsumsi. Betewe (lah lah mulai alay Pak HaBe), besar bibit gelondongan terbagi menjadi 3 pengelompokan ukuran, yaitu gelondongan kecil berukuran dua - tiga cm, gelondongan sedang berukuran berkisar antara ukuran tiga - empat cm, dan gelondongan besar biasanya berukuran lima - sembilan cm.

Dilingkungan rumah Pak HaBe, mungkin juga sebagian di daerah sobat tinggal, permintaan akan ikan lele siap untuk ditebar sangat-sangat lah tinggi, setinggi menara monas (haha). Selain tujuannya untuk pembesaran, benih ikan lele ini juga digunakan untuk pakan dari hewan peliharaan seberti ikan hias contohnya, atau juga bisa kura-kura, atau pun juga ular, hiiiiii takuttt. Haha.

Upaya pembenihan ikan lele biasanya relatif lebih cepat dalam menghasilkan keuntungan, hal ini dikarenakan perawat atau pembudidaya ikan lele bisa menjual ikan lelenya dalam usia yang relatif sangat muda atau singkat, yaitu berkisar antara usia kurang lebih 1 bulan. Akan tetapi, usaha seperti ini cukup mempunyai resiko, bayangin aja dengan umur ikan lele segitu pastinya tingkat kematian mulai dari menetas sampai menjadi benih atau bibit yang siap untuk ditebar sangat-sangat lah tinggi. Jadi buat sobat yang belum terbiasa melakukan pembenihan seperti ini harus banyak-banyak belajar dan praktik.

Agar meminimalisir resiko matinya benih atau bibit ikan lele ini, akan dibutuhkan alat-alat pendukung yang bisa membuat kemampuan hidup benih semakin besar. Seperti yang dijelaskan di postingan sebelumnya yaitu tentang Pengenalan Budidaya Lele Di Tempat Sempit ,di sana disebutkan nama alat Aerator yaitu alat penghasil gelembung oksigen dalam air. Nah alat ini yang digunakan sobat nantinya dalam membantu mengurangi resiko matinya benih atau bibit ikan lele.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting